Dana Murah MNC Bank di Bali Capai 40%

PT Bank MNC Internasional Tbk terus menggalakkan program tabungan berhadiah di Bali untuk meningkatkan komposisi dana murah (CASA) yang saat ini sudah mencapai 40%.
Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) Ageng Purwanto (kedua kanan) didampingi Direktur Rita Montagna (dari kanan), Direktur Widiatama Bunarto dan Direktur Chisca Mirawati menyaksikan teller melayani nasabah di sela-sela peluncuran logo baru di Jakarta, Senin (4/6/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) Ageng Purwanto (kedua kanan) didampingi Direktur Rita Montagna (dari kanan), Direktur Widiatama Bunarto dan Direktur Chisca Mirawati menyaksikan teller melayani nasabah di sela-sela peluncuran logo baru di Jakarta, Senin (4/6/2018)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, DENPASAR – PT Bank MNC Internasional Tbk terus menggalakkan program tabungan berhadiah di Bali untuk meningkatkan komposisi dana murah (CASA) yang saat ini sudah mencapai 40%.

Retail Funding Business Head MNC Bank Rita Montagna mengatakan Bali cocok untuk mengembangkan program tabungan berhadiah. Sebab, banyak nasabah di Bali yang tertarik pada program ini.

Saat ini capaian dana murah di Bali telah melebihi kondisi secara nasional yang hanya sebesar 23,05%. Bahkan, target dana murah secara nasional hanya ada di kisaran 23-25% saja.

Dia merinci, pada akhir Juni 2018, komposisi dana murah MNC Bank secara nasional mengalami peningkatan menjadi 23,05% dibanding 17,15% pada periode sama tahun lalu.

Jumlah data nasabah di MNC Bank juga meningkat lebih dari 22.000 nasabah pada akhir Juni 2018 dibanding periode sama tahun lalu.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini [tabungan berhadiah] mendukung pencapain CASA yang Bali telah melampui target secara nasional,” katanya, Kamis (19/7/2018).

Kata dia, nantinya perubahan komposisi yang mengarah ke dana murah dibandingkan dengan dana mahal atau deposito diharapkan dapat meningkatkan rentabilitas Bank.

Selain itu, juga memberikan hasil maksimal bagi seluruh stakeholder. Selain, nasabah juga tetap diuntungkan dengan mendapat bunga dari tabungan dan hadiah khusus.

"Dengan menabung sesuai kemampuan, dan di hold sesuai jangka waktu tertentu nasabah juga bisa memilih hadiahnya mulai dari smartphone hingga mobil," katanya.

Hingga saat ini, nilai tabungan berhadiah yang sudah dilakukan salam 3 minggu terakhir sudah mencapai Rp6 miliar. Dana ini akan disimpan di bank selama 2 tahun dan nasabah tidak mampu melakukan penarikan.

“Model seperti ini [tabungan berhadiah] sangat menguntungkan nasabah, karena mereka tidak perlu keluar uang untuk membeli kendaraan namun juga tetap dapat menabung dan mendapatkan bunga,” katanya.

Pimpinan Cabang MNC Bank Denpasar I Ketut Yadnyana mengatakan karakter nasabah di Bali sangat mempengaruhi tingginya komposisi dana murah.

Adapun sebagian besar nasabah tabungan berhadiah adalah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan koperasi yang dananya terbatas tetapi juga membutuhkan sarana operasional seperti mobil maupun motor.

LPD maupun koperasi yang menabung di MNC Bank diuntungkan karena dana terbatas mereka tanpa ditaruh menjadi deposito tetap menguntungkan.

LPD maupun koperasi tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli sarana operasional melainkan mendapatkan hadiah berupa mobil maupun motor.

Selain itu, nasabah juga tetap mendapatkan bunga yang besarannya mencapai 3% per tahun,

“Dana mereka [LPD dan Koperasi] terbatas kalau investasi aset nanti dananya habis, selain itu daripada beli kendaraan mending tabung disini jadi tetap dapat mobil, nah itu yang kita galakkan,” katanya.

Hingga saat ini ada sekitar 36 LPD di Bali yang menjadi nasabah MNC Bank.

Jumlah LPD yang bergabung menjadi nasabah akan terus ditingkatkan lantaran dinilai sangat menguntungkan untuk MNC Bank dalam peningkatan CASA.

“Kita hampir 36 LPD yang ada di seluruh bali menjadi nasabah, sementara jumlah total LPD ada 200 sekian itu yang belum kita galakkan semua, ada target rencana setiap bulan 1 LPD akan kita berikan hadiah lewat tabungan ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper