BI NTB Kenalkan Blind Code kepada Tuna Netra

Oleh: Eka Chandra Septarini 18 Juli 2018 | 16:03 WIB
BI NTB Kenalkan Blind Code kepada Tuna Netra
Para penyandang tuna netra mendapat sosialisasi pengenalan Rupiah/Dokumentasi Bank Indonesia NTB

Bisnis.com, MATARAM -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTB memberikan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah kepada para penyandang tuna netra.

Kepala Tim Sistem Pembayaran BI NTB Ocky Ganesia, mengatakan sosialisasi ini penting dan memberikan informasi bahwa uang Rupiah sudah dilengkapi dengan tanda-tanda yang diperuntukkan bagi tunanetra.

Tujuannya agar dapat mengenali rupiah dengan cara sederhana dan tanpa alat bantu yang dikenal dengan istilah “3D”, khususnya dengan cara meraba.

Khusus Uang Rupiah emisi tahun 2016 yang dikenal dengan uang NKRI telah mengalami penyempurnaan fitur kode tuna netra atau blind code.

"Hal ini sejalan dengan pengesahan Konvensi Mengenai Hak penyandang disabilitas dan dalam rangka meningkatkan aksesibilitas terhadap uang rupiah bagi penyendang tuna netra,” ujar Ocky di Mataram, (18/7/2018).

Sosialisasi yang dilakukan di panti tunanetra SLB A YPTN Mataram ini merupakan rangkaian dari Kegiatan HUT Bank Indonesia ke-65 dan HUT RI ke-73.

“Jadi Bank Indonesia tidak hanya sibuk mengurus tugas-tugas pokoknya saja, tetapi juga menaruh perhatian besar terhadap kegiatan edukasi dan sosial seperti kegiatan ini,” ujar Ocky.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya