Penurunan Kemiskinan di Bali Bisa Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: Feri Kristianto 16 Juli 2018 | 16:59 WIB
Penurunan Kemiskinan di Bali Bisa Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi
Seniman Bali dan Thailand menampilkan dramatari Mahabharata Lana Bali "A Journey of Culture" dalam pagelaran Pesta Kesenian Bali ke-40 di Taman Budaya Denpasar, Jumat (6/7/2018)./Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali semakin optimistis dengan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah seiring capaian tingkat kemiskinan Bali yang mengalami penurunan pada Maret 2018.

Kepala Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana mengatakan penurunan kemiskinan, akan mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Dengan demikian maka pada gilirannya akan mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi pada sisi komponen konsumsi rumah tangga dan lapangan usaha perdagangan besar dan eceran.

“Yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja ekonomi Bali,” jelasnya, Senin (16/7/2018).

Tingkat kemiskinan Bali pada periode Maret 2018 tercatat sebesar 4,01% mengalami penurunan dibandingkan tingkat kemiskinan pada Maret 2017 yang sebesar 4,25% dan September 2017 yang tercatat sebesar 4,14%. Penurunan ini didorong oleh terjadinya penurunan tingkat kemiskinan di perkotaan dan pedesaan pada periode yang sama.

Penurunan tingkat kemiskinan pada Maret 2018 juga didorong akselerasi pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2018 yang tumbuh sebesar 5,68% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2017 yang sebesar 4,01% (yoy).

Causa menjelaskan penurunan tingkat kemiskinan ini juga sejalan dengan meningkatnya kinerja beberapa lapangan usaha utama (triwulan I 2018) yang menyerap banyak tenaga kerja di Bali. Terutama lapangan usaha yang terkait dengan industri pariwisata secara langsung (akomodasi makan dan minum serta perdagangan besar dan eceran).

Selain itu, lapangan usaha lainnya yang juga menyerap banyak tenaga kerja di Bali yaitu pertanian dan industri pengolahan juga menunjukkan peningkatan kinerja di triwulan I 2018. Perbaikan sejumlah indikator itu mendorong tercapainya penurunan tingkat kemiskinan Bali pada Maret 2018.

Penurunan kemiskinan juga didorong oleh terkendalinya tingkat Inflasi pada 2018. Terutama, lanjutnya pada triwulan I yang tercatat sebesar 3,10% (yoy) sejalan dengan upaya TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan langkah-langkah strategis pengendalian Inflasi, meskipun Upah Minimum Provinsi (UMP) mengalami kenaikan.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya