Mataram jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah

Oleh: Rustam Agus 03 Juli 2018 | 14:32 WIB
Sebagian sudut kota tua Ampenan, di Mataram, NTB/Istimewa

Bisnis.com, MATARAM--Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tuan rumah Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Kawasan Timur Indonesia pada 15-17 Oktober 2018.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB Achris Sarwani beserta beberapa jajarannya menemui Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Selasa, untuk melakukan audiensi terkait rencana FESyar yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Achris Sarwani mengatakan, kegiatan itu akan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari kantor perwakilan BI di kawasan timur Indonesia (KTI) beserta segenap pemangku kepentingan dari tingkat lokal, regional, sampai dengan internasional.

"Kami juga mengundang khusus sekitar 52 negara OKI (Organisasi Konferensi Islam) di seluruh dunia untuk datang ke daerah NTB yang memiliki ikon syariah," katanya.

Dikatakannya, kegiatan FESyar Regional KTI 2018 meliputi "economic forum" yang bersifat lokal, regional, dan internasional dalam bentuk seminar, "workshop", forum bisnis, dan "training of trainer (ToT), serta "syariah fair" yang lebih difokuskan untuk mempromosikan Lombok sebagai "the best world halal tourism".

"Seluruh kegiatan yang akan dilangsungkan selama tiga hari tersebut mengambil lokasi di Kota Mataram, dengan lokasi utama di Islamic Center," katanya.

BI NTB, tambahnya, mengikutsertakan seluruh kantor perwakilan BI di KTI, dalam hal ini Kalimantan, Sulawesi, Bali Nustra, Maluku, dan Papua, serta perwakilan dari negara-negara anggota negara OKI yang sebelumnya juga menghadiri IMF and WB Annual Meeting di Bali.

"FESyar mulai digelar BI sejak 2017 di tiga kawasan regional sekaligus. Tujuannya agar pengembangan ekonomi syariah dapat dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional," katanya.

Sementara iyu Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menyatakan bahwa Pemerintah Kota Mataram siap memberikan dukungan bagi penyelenggaraan FESyar Regional KTI 2018 di Kota Mataram.

Menurut wali kota, dengan kegiatan yang berskala cukup besar tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung akan membawa dampak positif bagi Kota Mataram.

"Semakin banyaknya peserta yang hadir, akan makin besar pula dampaknya bagi sektor-sektor usaha di Kota Mataram," katanya.

Oleh karena itu, Wali Kota akan memastikan kesiapan para penyedia jasa kuliner serta sentra-sentra industri dan kerajinan di Kota Mataram, sekaligus memastikan tamu-tamu yang akan hadir di Kota Mataram akan disambut dengan suasana Kota Mataram yang nyaman dan bersih.

"Kami tetap berpegang pada prinsip tiga sukses yakni, sukses penyelenggaraan, sukses pencitraan, dan sukses ekonomi," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya