Gunung Agung Meletus: PVMBG Minta Masyarakat di Sekitar Lokasi Waspada

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 02 Juli 2018 | 22:58 WIB
Gunung Agung Meletus: PVMBG Minta Masyarakat di Sekitar Lokasi Waspada
Cahaya magma dalam kawah Gunung Agung terpantul pada abu vulkanis terlihat dari Desa Datah, Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018)./Reuters-Johannes P. Christo

Bisnis.com, JAKARTA - Gunung Agung di Karangasem, Bali, pada Senin (2/7/2018) malam pukul 21.04 WITA meletus, demikian keterangan resmi Pusat Vulkanologi, Meteorologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

PVMBG menyatakan letusan tersebut menyebabkan kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak serta melontarkan lava pijar yang keluar dari kawah mencapai jarak 2 kilometer.

Kolom abu yang keluar menurut PVMBG teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Letusan tersbut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi sekitar 7 menit 21 detik.

Gunung Agung saat ini masih berada pada status level III atau siaga sehingga masyarakat direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di zona perkiraan bahaya dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu dari Gunung Agung juga diminta waspada atas potensi ancaman bahaya berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material letusan masih terpapar di area puncak. Pasalnya area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

-->

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya