Cagub Bali Nomor II Gunakan Hak Pilih, Ajak Jaga Kondusifitas

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 27 Juni 2018 | 09:27 WIB
Calon Gubernur Bali Nomor Urut II Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (kanan) menggunakan hak pilih bersama istrinya (kiri) di TPS 8 Banjar Bengkel Desa Pekraman Sumerta.

Bisnis.com, DENPASAR – Calon Gubernur Bali Nomor Urut II Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra melakukan pencoblosan di TPS 8 Banjar Bengkel Desa Pekraman Sumerta Denpasar.

Pantauan Bisnis, dia datang bersama keluarga besar yakni ibu, istri, dan anak-anaknya dengan berjalan kaki menuju TPS. Rai Mantra datang sekitar pukul 08.45 WITA menggunakan pakaian adat Bali dengan baju bernuansa putih sama dengan baju kampanye yang biasa digunakannya.

Sebelum melakukan pencoblosan, Rai Mantra sempat berbaur dengan masyarakat yang juga hendak menggunakan hak pilih. Beberapa dari masyarakat bahkan meminta foto bersama dengan dia.

Seusai melakukan pencoblosan, Rai Mantra mengaku optimistis bisa meraih kemenangan. Walaupun, menurutnya, menang dan kalah dalam pertarungan pemilu ini biasa. Terpenting adalah, pemilu bisa menjadikan masyarakat lebih paham dan mengerti tentang pendidikan politik.

"Yang penting kita menjaga kondusifitas, dan harus mengutamakan masyarakat, jadi semua ini harus kita serahkan ke Tuhan dan masyarakat secara umum, apapun hasilnya kuta serahkab ke masyarakat dan kita harus menerima," katanya, Rabu (27/6/2018).

Rai Mantra mengaku sebelum mendatangi TPS, dia hanya melakukan persembahyangan seperti biasa. Tidak ada aktivitas spesial yang dia lakukan.

Setelah pencoblosan ini, dia akan melanjutkan agenda dengan menunggu hasil rekapitusasi. Namun, lokasi tempat menunggu rekapitulasi belum dia tentukan hingga saat ini. Dia juga kemungkinan hanya akan memantau proses pemilihan di masing-masing TPS melalui media cyber.

Sementara, dia juga meminta simpatisan Mantra-Kerta untuk menerima hasil dengan baik serta menjaga kondusifitas dan stabilitas di Bali.

"Kalau kalah kita harus terhormat dan menang harus bermartabat, jadi dalam hal ini harus dihargai dengan baik, ini yang harus kita berikan pembelajaran politik dengan baik, sehingga ini merupakan proses ke depan," katanya.

Adapun jumlah pemilih di TPS 8 Banjar Bengkel Desa Pekraman Sumerta Denpasar ada sebanyak 642 orang. Dengan komposisi pemilih laki-laki sebanyak 309 orang dan perempuan sebanyak 333 orang.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya