Pilkada Serentak 2018 : TPS di Bali Hadirkan Konsep Piala Dunia

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 26 Juni 2018 | 16:27 WIB
Pilkada Serentak 2018 : TPS di Bali Hadirkan Konsep Piala Dunia
TPS 5 Banjar Ubung Desa Sempidi Kecamatan Mengwi Badung hadirkan konsep piala dunia untuk menarik masyarakat menggunakan hak pilih.

Bisnis.com, DENPASAR -- Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Desa Sempidi, Kecamatan Mengwi Badung cukup unik karena mengusung konsep piala dunia untuk menarik masyarakat datang dan menggunakan hak pilihnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 5 Banjar Ubung Desa Sempidi Kecamatan Mengwi Badung Gusti Ngurah Martana mengatakan konsep unik ini memang baru dilakulan pertama kali di wilayahnya.

Lantaran momentum piala dunia yang berbarengan dengan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, maka konsep ini sengaja dipakai.

Pantauan Bisnis, terlihat TPS dihias dengan menggunakan bola dan bendera negara peserta piala dunia. Hiasan-hiasan ini dipasang hanya dalam waktu 2 jam saja.

Menurutnya, total hiasan TPS dengan konsep piala dunia ini menelan dana Rp3 juta. Biaya ini cukup besar dan lebih tinggi dari anggaran yang disediakan. Sehingga pihaknya juga menggunakan uang subsidi banjar.

"Kita ingin membuat suatu yang unik, menarik, dan atraktif supaya masyarakat bisa datang berbondong-bondong ke TPS," katanya, Selasa (26/6/2017).

Kata dia, jumlah pemilih di TPS 5 Banjar Ubung Desa Sempidi Kecamatan Mengwi Badung ada sebanyak 594 orang. Biasanya, setiap pemilu, euphoria masyarakat untuk menggunakan hak pilih di wilayah ini memang cukup tinggi.

"Biasanya yang golput karena sakit, kalau yang sengaja sih kecil," katanya.

Kata dia, selain hiasan TPS, proses pencoblosan besok, Rabu (27/6/2018), juga akan cukup unik karena anggota KPPS yang akan menggunakan jersey bola.

Jumlah anggota KPPS di TPS 5 Banjar Ubung Desa Sempidi Kecamatan Mengwi Badung ada sebanyak 7 orang. Mereka besok akan menggunakan jersey bola dengan kombinasi pakaian adat bali yakni kamben dan udeng untuk pria maupun kamben dan selendang untuk wanita.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya