Selama Libur Lebaran, Kuta Mandalika Dikunjungi 48.000 Wisatawan

Oleh: Eka Chandra Septarini 25 Juni 2018 | 14:50 WIB
Selama Libur Lebaran, Kuta Mandalika Dikunjungi 48.000 Wisatawan
Wisatawan mancanegara berjemur di pantai Kuta yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (31/8/2017)./ANTARA-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MATARAM -- Jumlah pengunjung ke Pantai Kuta di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) diklaim mencapai 48.000 orang selama momen libur Lebaran 2018.

Angka tersebut disampaikan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN pengelola kawasan tersebut. Tercatat, sebanyak 48.263 pengunjung atau rata-rata sebanyak 5.000 wisatawan datang setiap hari sejak ITDC membuka secara resmi Kuta Beach Park the Mandalika untuk umum pada Jumat (15/6/2018).

“Hari pertama dibuka untuk umum, karena mungkin masih suasana Lebaran, wisatawan yang datang berlibur ke Kuta Beach Park the Mandalika masih belum banyak, hanya sekitar 2.000s pengunjung. Namun, memasuki hari kedua, ketiga, hingga hari kesembilan, wisatawan yang datang mencapai 5.000 orang lebih per hari. Bahkan, puncak padatnya terjadi pada hari kesembilan, mencapai sekitar 7.000 pengunjung,” ujar General Affair KEK Mandalika I Gusti Lanang Bratasuta dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Mataram, Senin (25/6).

Salah satu program yang menarik minat pengunjung adalah diberlakukannya Car Free Day atau program bebas kendaraan di kawasan Pantai Kuta Mandalika.

Area Kuta Beach Park the Mandalika juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung, seperti dua bangunan di sisi timur dan barat pantai, yang dilengkapi dengan shower untuk berbilas, loker untuk menyimpan barang sementara, toilet, wastafel, dan lainnya. Setiap fasilitas dikenai biaya Rp5.000.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan toilet portabel di sekitar pantai yang dapat digunakan pengunjung secara gratis.

ITDC pun telah membangun Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata (Balawista) yang dilengkapi dengan ruang untuk pemantauan area pantai (baywatch), dengan fungsi sebagai Pos Penyelamatan, Pos Kesehatan, Pusat Informasi Wisata, dan Pengamanan Kuta Beach Park.

“Kami akui kesadaran masyarakat memang masih kurang dalam hal membuang sampah. Buktinya, meskipun tempat sampah telah kami siapkan di berbagai titik dan lokasi, masyarakat tetap saja masih membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kami juga telah manambah jumlah pekerja di Kuta Beach Park the Mandalika untuk selalu menjaga kebersihan pantai,” tambah Bratasuta.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya