Mudik Lebaran 2018: Kepadatan Roda Empat Terjadi di Gilimanuk

Oleh: Feri Kristianto 12 Juni 2018 | 08:04 WIB
Mudik Lebaran 2018: Kepadatan Roda Empat Terjadi di Gilimanuk
Memasuki H-3 Lebaran 2018, Selasa (12/6), terjadi peningkatan volume kendaraan yang menyebabkan kepadatan di pintu Pelabuhan Gilimanuk./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR — Lonjakan volume kendaraan roda empat terjadi pada pagi ini di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

Antrean kendaraan roda empat terpantau hingga sekitar 1 kilometer (km) dari pintu gerbang pelabuhan. Puncak kepadatan di pelabuhan penyeberangan tersebut mulai terlihat sejak subuh.

Diperkirakan banyaknya pemudik yang memilih berangkat subuh dari Denpasar membuat volume kendaraan di pelabuhan meningkat. Salah seorang pemudik mengaku harus menunggu tiga jam untuk bisa masuk pelabuhan.

“Saya sudah dari jam 5 subuh baru bisa masuk pelabuhan, ini pun masih antre,” ungkap Sutarno, pemudik yang menuju Yogyakarta, Selasa (13/6/2018).

Menurutnya, arus kepadatan roda empat baru dirasakan ketika memasuki wilayah Gilimanuk. Adapun ketika menempuh perjalanan dari Denpasar-Gilimanuk pada subuh, Sutarno hanya membutuhkan waktu 2 jam dari normalnya 3-4 jam.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk-Ketapang Elvy Yosa menyatakan tidak ada kemacetan tetapi hanya peningkatan kepadatan kendaraan. Dia menegaskan seluruh kendaraan pada pagi ini sudah bisa masuk ke pelabuhan seluruhnya.

“Sudah masuk ke pelabuhan semua. Bukan macet, cuma angkutan padat antrean,” jelas Elvy ketika dikonfirmasi Bisnis.

Sementara itu, pantauan dari aplikasi daring seperti Google Map, kepadatan masih terlihat hingga jarak sekitar 500 meter-1 km dari pintu pelabuhan yang menghubungkan Bali dengan Jawa Timur tersebut. Hal itu ditandai dengan warna merah di satu-satunya akses masuk ke pelabuhan.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya