MUDIK LEBARAN 2018, Jalur Laut Kedonganan-Banyuwangi Bisa Jadi Alternatif

Oleh: Ema Sukarelawanto 08 Juni 2018 | 17:24 WIB
Ilustrasi pemudik./Antara-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, MANGUPURA—Pelabuhan Watu Nunggul Kedonganan, Kabupaten Badung, Bali bisa menjadi alternatif bagi pemudik yang ingin menempuh jalur laut langsung ke Pekabuhan Belimbingsari, Banyuwangi.

General Manager Marina Srikandi Wayan Yudiana mengatakan belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan jalur laut yang dibuka sejak Desember 2017 lalu.

“Saat ini rata-rata penumpang berkisar 10-15 orang per hari yang dilayani satu kapal, tapi menjelang mudik diperkirakan mengalami lonjakan,” katanya, Jumat (8/6/2018).

Menurut Yudiana layanan mudik diperkirakan mengalami lonjakan pada 13 Juni mendatang dan telah dipersiapkan dua kapal untuk dua trip per hari.

Kata dia perjalanan Kedonganan-Banyuwangi ditempuh selama 2,5 jam, jika dibanding melalui darat relatif lebih cepat dan terbebas dari ancaman kemacetan.

Ia berharap berharap ke depan pelayaran dari Kedonganan ke Banyuwangi bisa menjadi pilihan utama masyarakat yang menginginkan angkutan lebih cepat.

Yudiana menjelaskan calon penumpang bisa memesan tiket secara langsung ke loket yang ada di dermaga, tetapi juga bisa melalui penjualan tiket daring (online).

Pemberangkatan kapal dari Kedonganan menuju Pelabuhan Belimbing Sari, Banyuwangi dijadwalkan pukul 07.30 Wita dan kembali pukul 14.30 Wita.

 

 

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya