Penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bisa Naik 100%

Oleh: Feri Kristianto 07 Juni 2018 | 11:49 WIB
Penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Bisa Naik 100%
Ilustrasi: Desa wisata Mengwi./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Arus penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung saat liburan Idulfitri diperkirakan bisa mencapai kenaikan 100% jika dibandingkan dengan hari biasa.

Koordinator Terminal Tipe A Mengwi Cok Agung Suarmaya mengatakan pada saat hari normal jumlah penumpang di terminal terbesar di Bali tersebut sekitar 900 orang. Saat memasuki arus mudik tahun ini diperkirakan bisa mencapai 1.800 orang per hari.

“Hanya saja di sini akan lebih tinggi yang datang dibandingkan berangkat karena masalah lokasi,” jelasnya saat ditemui di Terminal Mengwi, Kamis (7/6/218).

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, sebanyak 20 perusahaan bus masing-masing mengalokasikan 3 unit bus setiap hari. Jumlah itu bisa bertambah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Total diperkirakan 1.218 unit armada bus akan disiapkan.

Menurutnya, jumlah penumpang yang mudik melalui terminal ini akan lebih rendah dibandingkan ketika terminal masih dipusatkan di Ubung, Denpasar. Ongkos dari Denpasar menuju Mengwi membuat masyarakat enggan ke terminal bus dan lebih memilih menggunakan jasa travel.

Dijelaskan Cok Agung, terminal yang beroperasi di bawah Balai Angkutan Darat Kemenhub ini sudah mulai mengoperasikan layanan untuk pemudik seperti pos kesehatan. Pada tahun ini, Terminal Mengwi mendapat jatah Rp2 miliar untuk perbaikan lobi keberangkatan.

Sementara itu, Kadishub Bali IGN Sudarsana mengakui kondisi Terminal Tipe A Mengwi masih belum dapat dinilai nyaman bagi penumpang. Secara khusus dirinya menyoroti kondisi gedung yang banyak rusak.

 

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya