Mudik Via Benoa Didukung Empat Kapal Pelni

Oleh: Feri Kristianto 07 Juni 2018 | 08:45 WIB
Wisatawan berada di atas kapal di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (18/9)./ANTARA-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Sebanyak empat unit kapal disiagakan di Pelabuhan Benoa untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pemudik yang akan pulang kampung menggunakan jalur laut.

Menurut GM Pelindo III Cabang Benoa Wayan Eka Saputra, kapal yang disiapkan PT Pelni tersebr adalah KM Tilongkabila, KM Awu, KM Leuser dan KM Binaiya. Adapun rute yang paling banyak adalah ke wilayah NTB dan NTT.

“Kami bersama Pelni sudah siapkan untuk kenyamanan penumpang ke arah timur. Biasanya H-10 banyak penumpang ke arah NTB dan NTT,” paparnya, Rabu (6/6/2018).

Eka menuturkan jumlah penumpang yang akan mudik melalui Benoa diperkirakan tidak mengalami kenaikan signifikan dibandingkan hari normal. Kondisi itu disebabkan karena biasanya peningkatan drastis baru akan terjadi ketika memasuki akhir tahun.

Kendati demikian, Pelindo III Cabang Benoa tetap akan menyediakan posko menghadapi arus mudik. Posko bertujuan untuk memudahkan koordinasi antar instansi serta memperlancar dan mengamankan arus penumpang selama mudik Lebatan.

Pelabuhan penumpang terbesar di Bali ini juga menyiapkan pos kesehatan serta mesin pemindai di terminal pemumpang ditambah dengan personel keamanan agar keamanan dan kenyaman penumpang terjamin. Posko sudah disiapkan sejak H-15 Idul Fitri dan akan beroperasi hingga H+15

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya