Mudik Lebaran: Pelintas Denpasar-Gilimanuk, Hati-Hati di Kawasan Soka dan Lumajang

Oleh: Feri Kristianto 27 Mei 2018 | 11:31 WIB
Mudik Lebaran: Pelintas Denpasar-Gilimanuk, Hati-Hati di Kawasan Soka dan Lumajang
Pemudik bersepeda motor antre masuk ke kapal ferry pada H-4 Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Senin (13/7/2015)./JIBI-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Dinas Perhubungan Tabanan mengingatkan pengendara yang akan mudik melintasi jalur Denpasar-Gilimanuk untuk berhati-hati di kawasan Soka dan Lumajang.

Kadishub Tabanan Made Agus Hartawiguna menegaskan tikungan di dua lokasi tersebut berbahaya sehingga membutuhkan konsentrasi lebih bagi pengendara. Dia menegaskan akan menempatkan petugas khusus di dua tikungan tersebut untuk membantu pengendara yang akan mudik.

“Analisis kami setiap tahun masih di dua tikungan itu karena geometrinya, makanya pengendara jangan tergoda menggenjot kecepatan di dua daerah tersebut,” jelasnya ditemui di Denpasar, Jumat (25/5/2018).

Menurutnya, Dishub Tabanan akan mengerahkan sebanyak 50 orang petugas untuk bergiliran menjaga daerah yang dilintasi pemudik khususnya dua lokasi tersebut. Selain itu, khusus di Soka biasanya akan didirikan posko yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi pemudik.

Kawasan Soka berada di Kabupaten Tabanan dan jalur ini berada di tepi pantai dengan tikungan berkelok-kelok. Adapun daerah Lumajang memiliki kontur tikungan tajam dan kondisi jalurnya naik turun. Agus menyatakan hanya dua daerah ini yang sangat diwaspadai oleh aparatnya.

Selebihnya, jalur di Tabanan yang akan dilintasi pemudik sudah sangat baik. Kondisi aspal mulus karena mendapatkan perhatian lebih dari Kementerian PU dan Pera. Dia menyakinkan tidak ada jalan yang rusak di jalur Denpasar-Gilimanuk khususnya ruas di Tabanan.

 

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya