PDAM Denpasar Targetkan 3.300 Sambungan Baru

Oleh: Ema Sukarelawanto 23 Mei 2018 | 15:23 WIB
PDAM Denpasar Targetkan 3.300 Sambungan Baru
Suasana peninjauan bersama pelanggan PDAM Kota Denpasar ke sentra pengolahan air di Instalasi Pengolahaan Air (IPA) Belusung, Denpasar, Rabu (23/5/2018)./Bisnis-Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, DENPASAR--Perusahaan Daerah Air Minum Kota Denpasar menargetkan menambah 3.300 unit sambungan baru termasuk program untuk masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 1.000 unit.

Direktur Utama PDAM Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana mengatakan memasuki usia 21 tahun, perusahaan daerah ini ingin memastikan inovasi dan investasi tepat guna dan tepat sasaran.

“Kami ingin memberikan pelayanan prima bagi pelanggan dan masyarakat di Kota Denpasar,” katanya dalam temu pelanggan, Rabu (23/5/2018).

Menurut Arsana tahun ini selain membidik penambahan pelanggan baru, akan dilakukan penambahan kapasitas produksi melalui Sarbagita Tukad Petanu dengan kapasitas 100 liter/detik, IPA Penet dengan kapasitas 100 liter/detik serta Pembangunan IPA Waribang tahap II dengan kapasitas 150 liter/detik.

Ia menambahkan akan dilakukan pula pergantian water meter sebanyak 6.216 unit dan melakukan pengembangan sistem distribusi.

Selain itu, pengaturan pengaliran untuk pemerataan tekanan khususnya di Denpasar Utara, Barat, dan Timur, kemudian percepatan pelaksanaan penanganan kebocoran yang terkena proyek infrastrutur dan teknis lainnya.

Program berikutnya adalah pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik serta usulan pembangunan bendungan di Belusung melalui Satker PK PAM dan penggantian pipa induk di Jalan Nangka melalui BWS Nusa Penida.

Arsana menjelaskan program tersebut untuk memberikan pelayanan prima dan pelayanan yang tepat sasaran bagi pelanggan PDAM Kota Denpasar yang hingga April 2018 mencapai 83.945 sambungan.

Melalui temu pelanggan, tambahnya, PDAM bisa langsung mendengarkan keluhan pelanggan sehingga apa yang menjadi keinginan dan harapan pelanggan dapat ditangani dengan baik.

“Saat ini memang tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa permasalahan yang terjadi, namun kami tetap mengupayakan solusi terhadap berbagai permasalahan tersebut baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” paparnya.

Nyoman Sumadi, salah satu pelanggan mengatakan pelayanan PDAM telah maksimal kendati masih ada beberapa kawasan yang agak tersendat. Ia juga berharap PDAM berupaya meningkatkan pelayanan dan berkontribusi menyediakan air minum otomatis (AMO) di lapangan olahraga serta fasilitas umum lainnya.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya