Jelang Galungan, Denpasar dan Gianyar Gelar Pasar Murah

Oleh: Ema Sukarelawanto 16 Mei 2018 | 15:01 WIB
Jelang Galungan, Denpasar dan Gianyar Gelar Pasar Murah
Sejumlah wanita Hindu menyiapkan sesajen saat persembahyangan Hari Raya Galungan di Pura Dalem Kengetan, Ubud, Bali, Rabu (5/4)./Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar menggelar pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari raya Galungan yang jatuh pada Rabu, 30 Mei 2018.

Kepala Disperindag Kota Denpasar I Wayan Gatra mengatakan kegiatan pasar murah dilakukan menjelang hari besar keagamaan agar warga bisa mendapatkan sembako yang lebih murah dari harga pasar.

“Pasar murah ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan agar warga bisa membeli harga bahan pokok lebih murah menjelang Hari Raya Galungan yang memang banyak kepeluan yang harus dipersiapkan,” katanya, Rabu (16/5/2018).

Pemkot Denpasar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar hari ini melaksanakan pasar murah di Balai Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur.

Menurut Gatra warga sangat antusias, apalagi bertepatan dengan menjelang bulan Ramadan yang bagi warga muslim juga memerlukan berbagai kebutuhan untuk persiapan puasa. Pasar murah digelar setiap hari secara bergiliran di berbagai lokasi hingga 25 Mei mendatang.

Beberapa komoditas yang ditawarkan antara lain beras Kita (Medium)/ 5kg seharga Rp 43.500, beras C4 seharga Rp 52 ribu/5kg, beras cap Anggrek Rp 56 ribu/5 kg. Adapun harga minyak 11 ribu/ liter dan tepung seharga 7 ribu/kg.

Sedangkan gula pasir ditawarkan dengan harga Rp 10 ribu/kg. Selain itu, komoditas lainnya juga ikut dijual seperti minyak gas seharga 14 ribu /3kg bersama aneka buah-buahan.

Sedangkan Rabu ini, Pemkab Gianyar menggelar hari kedua pasar murah di Pasar Sukawati. Pelaksanaan pasar murah yang dijadwalkan bergilir, diawali di Pasar Blahbatuh, Selasa (15/5/2018) itu akan berkahir pada 23 Mei mendatang.

Kepala Disperindag Kabupaten Gianyar I Wayan Suamba berharap warga memanfaatkan berbelanja bahan pokok dengan harga yang lebih murah. Kegiatan yang bekerja sama dengan Perum Bulog Propinsi Bali ini kendati dengan harga di bawah harga pasar tetap dengan kualitas terjamin.

“Aktivitas ini mendekatkan produsen kepada konsumen, sekaligus memotong jalur distribusi sehingga diharapkan konsumen dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga terjangkau. Pengusaha kecil dan menengah juga dapat mempromosikan produknya,” ujarnya.

Pasar murah di wilayah Kabupaten Gianyar ini menawarkan berbagai jenis sembako seperti beras kualitas premium dengan harga Rp10.400 per kilogram, minyak goreng Rp12.600 per liter, gula pasir Rp11.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp 7.400 per kilogram.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya