Luncurkan 25 Produk Baru, Viva Kejar Pertumbuhan 15%

Oleh: Ema Sukarelawanto 13 Mei 2018 | 14:04 WIB
Luncurkan 25 Produk Baru, Viva Kejar Pertumbuhan 15%
Tiga model memeragakan busana dalam acara Bali Fashion Trend (BFT), di TS Suite, Seminyak, Kuta, Bali, Sabtu (13/5/2018).

Bisnis.com, DENPASAR—PT Vitapharm, produsen kosmetik brand Viva, tahun ini bakal meluncurkan 25 produk baru untuk menggenjot pertumbuhan 15% hingga akhir 2018.

Direktur Distribusi Indonesia Timur PT Vitapharm Yusuf Wiharto mengatakan serbuan kosmetik dari luar dan pelemahan ekonomi berpengaruh terhadap penjualan Viva.

“Berkaitan kondisi tersebut kami berharap akhir tahun ini bisa tumbuh secara konservatif dalam kisaran 10%-15%,” katanya di sela-sela Bali Fashion Trend, Minggu (13/5/2018).

Menurut Yusuf pada akhir 2017 perusahaannya mencatat pertumbuhan 5% dibanding tahun sebelumnya. Hingga triwulan pertama 2018 baru tercatat pertumbuhan 3% dibanding periode yang sama 2017.

Yusuf menjelaskan saat ini terdapat 600 jenis produk kecantikan Viva dan tahun ini dilincurkan 25 produk baru yang merupakan hasil riset tentang kebutuhan perawatan muka, tubuh, dan rambut.

Vitapharm memiliki 4 lini produk yang masing-masing memiliki segmer pasar yang berbeda yakin Viva Cosmetics untuk umum, Viva Queen, dan Viva White (segmen khusus) serta RedA yang menyasar remaja. Produk Viva Cosmetics memiliki porsi terbesar yakni sekitar 75%.

Kata dia saat ini Viva menguasai 50% pangsa pasar kosmetik Tanah Air pangsa pasar produk Viva mencapai 50%. Sedangkan untuk ekspor, Yusuf menyebut baru sekitar 5% dari seluruh produksi yang dikirim ke negara-negara di Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan.

Tentang dukungan Viva untuk acara Bali Fashion Trend 11-13 Mei 2018, Yusuf mengatakan karena sejalan dengan misi perusahaan yang di antaranya ingin menghasilkan produk kosmetik yang unggul untuk mengimbangi dampak negatif iklim tropis.

Senior Beauty Consultant PT Vitapharm Tini Renan mengatakan untuk pengembangan produk, Viva mengikuti berbagai acara termasuk Bali Fashion Trend untuk mendapatkan masukan dan melihat langsung trend mode serta warna yang perlu dipertimbangkan inovasi produk ke depan.

Selain peragaan busana oleh sekitar 80 perancang dari dalam dan luar negeri, Bali Fashion Trend juga diisi dengan seminar yang membahas kecenderungan mode busana ke depan.

Tini mengatakan tata rias seluruh model yang memeragakan busana dalam acara ini seluruhnya dikerjakan 8 tenaga make up dan bahan kosmetik dari Viva.

 

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya