EKONOMI DAERAH, Warga Buleleng 'Pulang Kampung' Melihat Wisata Tumbuh

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 24 April 2018 | 17:40 WIB
EKONOMI DAERAH, Warga Buleleng 'Pulang Kampung' Melihat Wisata Tumbuh
Wisatawan menempuh perjalanan dari pantai sanur menuju Pulau Nusa Penida Bali./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, DENPASAR – Pariwisata Nusa Penida yang terus berkembang menjadikan banyak warga lokal yang sebelumnya bekerja di perantauan memilih “pulang kampung” dan membuka usaha pendukung akomodasi wisata pulau ini.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan saat ini jumlah warga lokal yang membangun akomodasi wisata di Nusa Penida makin banyak. Sebagian besar mereka membangun restoran kecil dan home stay.

Bahkan, kata dia, jumlah penginapan yang dimiliki warga lokal lebih banyak dari kepemilikan asing. Adapun data dari Dinas Pariwisata Klungkung, ada sekitar 168 restoran dan 136 penginapan meliputi hotel maupun home stay. Adapun 86% pemilik hotel dan restoran itu adalah penduduk lokal.

“Peluang usaha [akomodasi wisata] di Nusa Penida memang masih terbuka,” katanya kepada Bisnis, Selasa (24/4/2018).

Saat ini kunjungan wisata ke Nusa Penida sudah mencapai 3.000 orang per hari. Sebagian besar kunjungan wisatawan ke Nusa Penida yakni berasal dari China dengan jumlah mencapai 65%. Sementara, untuk wisatawan domestik hanya 20% dari total kunjungan.

Lantaran kondisi ini, Nusa Penida semakin optimistis mengembangkan pariwisatanya dengan menarget kunjungan hingga 4.000 orang per hari pada 2018 atau meningkat 25% dari kondisi normal yang 3.000 kedatangan per hari.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya