Seminyak Design Week 2018 Usung Platform Kolaborasi

Oleh: Ema Sukarelawanto 23 April 2018 | 14:42 WIB
Seminyak Design Week 2018 Usung Platform Kolaborasi
Seminyak Design Week 2018./Istimewa

Bisnis.com, MANGUPURA — Seminyak Design Week yang digelar 4-13 Mei 2018 bakal mempertemukan bakat dan bisnis desain terbaik dari Indonesia dengan perancang internasional yang berbasis di Bali.

Jacob Gatot Surarjo dari Uma Seminyak yang juga penggagas pekan desain ini mengatakan ajang tersebut diharapkan menjadi sebuah platform yang memungkinkan peserta dan pengunjung dapat merasakan peranan desain melalui aktivitas yang menyenangkan.

“Para perancang yang terlibat dalam pekan desain ini ditantang berkolaborasi mewujudkan inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan desain kekinian,” ujarnya, Senin (23/4/2018).

Pekan desain ini diadakan di dua venue yakni Uma Seminyak dan Seminyak Village. Nantinya, akan disajikan berbagai karya desain dari bidang arsitektur, interior, furnitur, produk rumah tangga, desain produk, desain grafis, dan fesyen.

Peserta pameran antara lain Andramatin, Yoka Sara, Budi Pradono, SHAU, Largo, Casa Studio, Morfologix, Urbane, HAP (Han Awal and partner), Magno & Spedagi oleh Singgih Kartono, Santai oleh Dennis Pluemer, BYO Living oleh Lim Masulin.

Selain itu, ada Studio Hiji oleh Abie Abdillah, Eva Natassa, Cush-Cush, Ong Cen Kuang, Studio Mari Ubud, Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI), Suku Tangan, Salaga, Siji, Mena, House of Rumantra, Cinta Bumi Artisan, Vitarlenology, dan Art of Whatever.

Pada 5-6 Mei 2018, juga akan ada talkshow Temu Talks yang digelar setiap pukul 09.00-18.00 WITA di Ke{m}bali Innovation Hub. Program ini mengundang 22 pembicara inspiratif yang merupakan profesional di bidangnya untuk mendiskusikan bagaimana desain dapat membangun bisnis, pembangunan berkelanjutan, melibatkan komunitas, dan memperkaya hidup masyarakat luas untuk membangun komunitas yang lebih baik.

Andra Matin, arsitek terkenal di skena arsitektur Indonesia yang merancang Potato Head, Salihara, dan Dia.Lo.Gue. akan membawakan talkshow bertemakan city branding through architecture yang akan membahas peranan arsitektur dalam perencanaan dan penataan kota.

Perancang grafis Andi Rahmat, salah satu pendiri Nusae Design + Architectural Graphic, akan membahas kontribusi desain grafis kepada komunitas. Sementara itu, Ben Fijal dan Tim Fijal akan berbagi tentang kegiatan mereka untuk lingkungan dan perubahan sosial dalam sesi yang bertema young chief for change.

Adapun Spedagi & Magno design akan memandu talkshow mengenai pentingnya menjaga kearifan lokal yang kini mulai ditinggalkan.

Menjelang penutupan festival, Uma Seminyak akan menyuguhkan acara ArchiTalks, di mana 12 arsitek akan berbagi pemikiran mengenai desain arsitektur mereka.

Seminyak Design Week juga mengadakan kompetisi yang diharapkan dapat menggugah semangat kreatif, penciptaan desain yang baik, serta mendukung anak muda untuk berani menunjukkan karya-karya mereka.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya