Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Jaga Daya Beli Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Menjaga daya beli dan permintaan domestik untuk mendukung peningkatan aktivitas menjadi salah satu upaya yang disiapkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada 2018 ini.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MATARAM—Menjaga daya beli dan permintaan domestik untuk mendukung peningkatan aktivitas menjadi salah satu upaya yang disiapkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada 2018 ini.

Tahun ini, konsumsi masyarakat diperkirakan tumbuh lebih baik dengan indikator tren laju inflasi yang cukup rendah sehingga dapat menjaga daya beli masyarakat.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Adriyanto mencontohkan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah pelaksanaan event belanja di kota-kota besar, industri kreatif, dan festival di daerah wisata serta peningkatan kegiatan sosial.

"Misalnya seperti ada kegiatan Visit Tambora atau Visit Lombok dan lain-lain itu agar mendorong masyarakat belanja sehingga pertumbuhan ekonomi juga bisa terjadi di daerah," ujarnya di Mataram, Rabu (11/4/2018).

Untuk itu, Adriyanto menambahkan peran aktivitas sektor jasa terutama pariwisata untuk meningkatkan wisatawan baik dalam maupun luar negeri penting dilakukan. Penambahan jadwal penerbangan langsung dan perkembangan industri kreatif nasional juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Adanya perubahan pola belanja masyarakat yang lebih memilih leisure activity. Peluang ini harus dicermati," ujar Adriyanto.

Selain menjaga daya beli, Adriyanto juga menekankan pentingnya peran swasta dalam investasi guna penguatan dan pendalaman pasar keuangan yang berdampak pada penciptaan iklim investasi yang baik melalui stabilitas politik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper