Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pantai Pandawa Bakal Dilengkapi Toilet Bernilai Rp2 Miliar

Kawasan objek wisata Pantai Pandawa di Badung, Bali, bakal dilengkapi dengan fasilitas toilet bertaraf internasional yang dapat meningkatkan pelayanan bagi wisatawan.
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR – Kawasan objek wisata Pantai Pandawa di Badung, Bali, bakal dilengkapi dengan fasilitas toilet bertaraf internasional yang dapat meningkatkan pelayanan bagi wisatawan.

Kadis Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan diperlukan dana Rp2 miliar untuk membangun toilet berstandar internasional di salah satu objek wisata favorit di Bali selatan ini.

“Anggarannya sekitar Rp2 miliar, fasilitas ini akan melengkapi kenyamanan wisatawan yang ke Pandawa. DED [detail engineering design]-nya diusulkan tahun ini dan pembangunan fisik melalui DAK [dana alokasi khusus] 2019,” tuturnya pada Senin (9/4/2018).

Menurutnya, fasilitas ini akan gratis ini akan dibangun karena jumlah kunjungan ke Pandawa terus meningkat.

Objek wisata ini juga menjadi andalan daerah setempat sehingga membantu pendapatan kabupaten terkaya di Bali ini. Badra menegaskan keberadaan toilet ini dapat meningkatkan citra objek wisata berstandar internasional.

Belum dijelaskan secara detil apa saja fasilitas toilet berstandar internasional ini. Hanya saja, salah satu acuan toilet ini adalah keberadaan toilet sejenis di Malioboro, Yogyakarta, tepatnya di depan gedung Bank Indonesia di Jalan Panembahan Senopati, dekat titik 0 km.

Toilet berdinding granit itu dibangun dengan dana Rp5,7 miliar. Adapun fasiltiasnya terdiri dari 12 toilet wanita, 6 toilet pria, dan 10 urinoir serta fasilitas khusus bagi difabel berupa toilet dan lift. Selain itu, terdapat satu ruang laktasi untuk ibu menyusui.

Objek wisata Pandawa pada saat ini dikelola oleh Desa Adat Kutuh. Pada hari biasa, wisatawan yang datang ke Pantai Pandawa rata-rata 5.000 orang.

Memasuki musim libur akhir tahun dan perayaan tahun baru, kunjungan melonjak hingga 30.000 wisatawan per hari. Sekitar 90% pengunjung adalah wisarawan domestik, sisanya wisatawan manca negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper