Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Bagikan 5.577 Lampu Tenaga Surya di NTT

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun ini akan membagikan 5.577 lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Timur (NTT).
Ilustrasi./soltech.lt
Ilustrasi./soltech.lt

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun ini akan membagikan 5.577 lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di NTT terdapat 20 desa yang saat ini masih dalam kondisi gelap gulita. Dari 20 desa tersebut, 12 sudah dan akan dilistriki oleh PT PLN, dan sisanya sebanyak 8 desa menjadi prioritas Kementerian ESDM untuk mendapatkan bantuan LTSHE.

Menteri ESDM Ignasius Jonan secara simbolik telah menyerahkan bantuan LTSHE di NTT, dan juga telah meninjau lokasi secara langsung.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) mencatat, sebanyak 5.577 KK di 39 desa di NTT akan mendapatkan LTSHE pada tahun ini, dimana Kabupaten Flores Timur mendapat 744 unit LTSHE.

Namun demikian, Pemerintah daerah dapat menyampaikan usulan pemasangan LTSHE bagi masyarakat yang masih dalam kondisi gelap gulita dan luput dari pendataan.

Kementerian ESDM terus berupaya menerangi wilayah Indonesia terutama desa-desa belum berlistrik dengan membagikan LTHSE kepada masyarakat di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), sebagai langkah untuk mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain LTSHE, Provinsi NTT juga menjadi target program sumur bor air tanah mengingat beberapa wilayahnya termasuk daerah sulit air. Hingga 2017 telah dibangun 90 titik sumur air bor, dan pada tahun 2018 akan dibor 2 titik lagi di Kelurahan Weri dan Kelurahan Sarotari, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper