Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NTT Targetkan Jual 69.950 Ekor Sapi Antarpulau

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Provinsi Nusa Tenggara Timur Dani Suhadi mengemukakan, pemerintah provinsi setempat menargetkan jumlah sapi yang diantapulaukan pada 2018 sebanyak 69.950 ekor.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, KUPANG—Kepala Dinas Peternakan Provinsi Provinsi Nusa Tenggara Timur Dani Suhadi mengemukakan, pemerintah provinsi setempat menargetkan jumlah sapi yang diantapulaukan pada 2018 sebanyak 69.950 ekor.

"Target sapi yang akan diantarpulaukan untuk tahun ini sebanyak 69.950 ekor, bertambah dibanding tahun 2017 sebanyak 63.000 ekor sapi," kata Dani Suhadi saat dihubungi dari Kupang, Selasa (27/3/2018).

Ia mengatakan, dari Januari 2018 hingga saat ini, sapi sudah dikirim ke sejumlah daerah tujuan seperti Samarinda, Kalimantan Timur dan DKI Jakarta totalnya sebanyak 5.825 ekor.

Selanjutnya, kata dia, daerah tujuan pengiriman sapi bisa kembali bertambah tergantung permintaan yang masuk dari daerah tujuan.

"Pemerintah siap mengirim kalau ada permintaan yang masuk dengan tetap memperhitungkan kuota yang ada," katanya.

Dani menjelaskan, pengiriman sapi dari provinsi ini melalui jalur laut menggunakan kapal tol laut KM Cemara maupun kapal kargo yang beroperasi setiap dua minggu.

Ia mengatakan, penambahan jumlah kuota pengiriman tersebut sudah disesuaikan dengan perhitungan jumlah populasi yang ada di daerah-daerah lumbung sapi seperti di Pulau Timor, Sumba, dan Flores.

Dengan begitu, katanya, populasi sapi dipastikan tetap terjaga karena seimbang antara produktivitas dengan jumlah yang dikirim keluar daerah.

Dinas Peternakan NTT mencatat populasi sapi di provinsi berbasiskan kepulauan ini hingga akhir tahun 2017 mencapai sekitar 1.003.000 ekor.

Jumlah itu, katanya, semakin meningkat sekitar 26.000 ekor dari perhitungan sebelumnya pada enam bulan pertama di tahun 2017.

Ia menjelaskan, peningkatan populasi sapi ini didukung dengan upaya khusus sapi induk wajib bunting (Upsus-Siwab) untuk mendukung produktivitas baik di tingkat peternakan rakyat maupun pada sejumlah instalasi khusus sapi yang dikelola pemerintah.

"Untuk instalasi khusus ini lebih pada penyediaan bakalan bibit sapi yang kami lakukan di lima lokasi, masing-masing dua di Pulau Sumba, dua di Pulau Timor, dan satu instalasi di Pulau Flores," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper