Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lombok Timur dan Lombok Tengah Potensial Penyaluran KUR

Kabupaten Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat masih menjadi lokasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat terbesar di NTB. Sekitar 20% dari penyaluran KUR di NTB masuk ke daerah ini.
Perajin peraga pendidikan.
Perajin peraga pendidikan.

Bisnis.com, MATARAM -- Kabupaten Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat masih menjadi lokasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat terbesar di NTB. Sekitar 20% dari penyaluran KUR di NTB masuk ke daerah ini.

Kepala Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan NTB Taukhid mengatakan selain dari sisi nominal penyaluran KUR, Lombok Timur juga memiliki potensi nasabah yang cukup besar. Setidaknya sebanyak 4.345 warga Lombok Timur menjadi nasabah yang mendapatkan fasilitas KUR dari perbankan.

"Untuk Lombok Timur jumlahnya sekitar Rp100 miliar lebih dengan nasabah yang dilayani sekitar 4.300-an," ujar Taukhid di Mataram, Senin (21/8/2017).

Selain Lombok Timur Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Sumbawa juga memiliki potensi penyaluran yang cukup besar. Hingga 31 Juli 2017 Lombok Tengah dan Sumbawa tercatat mendapat realisasi penyaluran KUR masing-masing sebesar Rp80,5 miliar dan Rp45,46 miliar dengan jumlah debitur masing-masing 3.531 nasabah dan 2.608 nasabah.

Sementara itu, Direktorat Jendral Perbendaharaan Kantor Wilayah NTB mencatat tiga daerah yang masih minim dalam penyaluran KUR yaitu Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Lombok Utara. Tiga lokasi ini memiliki jumlah debitur kurang dari 1.000 atau masing-masing hanya 203, 508, dan 539 nasabah.

Berdasarkan data tersebut, Kota Bima menjadi lokasi realisasi penyaluran KUR dengan jumlah terkecil yang hanya sebesar Rp10,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper