PLN Imbau Layangan Tidak Diinapkan & Jauh dari Jaringan Listrik

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 21 Agustus 2017 | 22:44 WIB
PLN Imbau Layangan Tidak Diinapkan & Jauh dari Jaringan Listrik
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, DENPASAR – PLN Distribusi Bali mengimbau masyarakat tidak menginapkan layang-layang mereka karena berpotensi menyebabkan gangguan listrik ketika hujan turun.

‎Deputi Manajer Humas dan Bina Lingkungan PLN Bali I Gusti Ketut Putra menyampaikan hampir setiap hari ada laporan mengenai gangguan akibat layangan yang mengganggu aliran listrik.

"Setiap hari selalu ada, terutama kalau yang diinapkan itu ketika hujan layangannya jatuh menimpa kabel listrik," tuturnya, Senin (21/8/2017).

Dijelaskan olehnya, layangan yang jatuh dan menyangkut di kabel aliran listrik menyebabkan gangguan sehingga harus melakukan pemadaman. Bahkan, pernah ada kasus pemadaman akibat gangguan layangan selama 30 menit.

Putra memahami saat ini musim layangan, tetapi pihaknya mengimbau agar ketika menaikkan layangan berada jauh dari jaringan listrik. Idealnya, kata dia, layangan ketika dinaikkan harus berjarak minimal 1 km dari saluran udaran tegangan tinggi (SUTT).

Dia menegaskan dampak akibat layangan putus, menyangkut dan mengganggu jaringan merugikan banyak pihak. Tidak saja masyarakat harus mengalami pemadaman, tetapi PLN juga memperbaiki jaringan yang rusak.

Editor: Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkini Lainnya