Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Betawi, Pemprov DKI Hibahkan Dana Rp700 Juta

Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta yang kental nuansa Betawi setelah Idulfitri.
Setu Babakan/kemdikbud.go.id
Setu Babakan/kemdikbud.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta yang kental nuansa Betawi setelah Idulfitri.

Saefullah, Sekretaris Daerah DKI, mengatakan dana yang dihibahkan Pemprov DKI untuk perayaan Lebaran Betawi sekitar Rp700 juta.

"Itu nanti diplot oleh Bamus, SKPD pendukung, dan nanti Dishub lakukan rekayasa lalu lintas," ujar Saefullah.

Lebaran Betawi diadakan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada 28 Juli hingga 30 Juli 2017.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan pertimbangan memilih Setu Babakan sebagai lokasi Lebaran Betawi dikarenakan nuansa Betawi di lokasi tersebut masih sangat kental, sehingga Lebaran Betawi tahun ini dipusatkan di Setu Babakan.

Lebaran Betawi 2017 akan diisi berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari tradisi Betawi, kudapan khas Betawi, tarian Betawi, dan bermacam perlombaan.

Pemprov DKI Jakarta menggandeng Badan Musyawarah (Bamus) Betawi sebagai panitia penyelenggara dengan keikutsertaan lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi yang juga memamerkan kekhasan setiap daerah.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Bambang Sugiyono menambahkan, Pemprov DKI Jakarta melalui Transjakarta juga akan menyediakan layanan bus gratis menuju Setu Babakan untuk pengunjung yang ingin meramaikan gelaran Lebaran Betawi 2017.

“Dengan harapan memudahkan pengunjung tiba di lokasi acara, sehingga setiap hari selama penyelenggaraan bisa padat pengunjung,” ucap Bambang.

Bus Transjakarta nantinya akan melayani rute Jalan Mohammad Kahfi II, Stasiun Pancasila, Jalan Lenteng Agung Raya Barat, Srengseng Sawah Raya dan Setu Babakan dengan waktu operasional sejak pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Minimalkan Kemacetan

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir kemacetan dan memudahkan transportasi pada lokasi acara dengan melakukan manajemen sebagai berikut:

1. Manajemen Sistem Satu Arah (SSA) yang berlaku pada hari Sabtu dan Minggu (29 Juli – 30 Juli 2017) dari pukul 06.00 – 18.00 WIB, yaitu pada ruas Jl. Moh. Kahfi II (Simpang Jeruk sampai dengan Simpang Wr. Sila).

2. Manajemen parkir dengan membagi kantong parkir pada:
a) Parkir VIP pada area Setu Babakan menampung ± 50 kendaraan
b) Islamic Center menampung ± 20 kendaraan
c) Zona C Setu Babakan menampung ± 200 kendaraan
d) Lapangan Sepakbola Dispora menampung ± 300 kendaraan
e) Al-Bainah menampung ± 100 kendaraan

3. Masing-masing kantong parkir tersebut akan disediakan shuttle bus (bus penghubung) menuju lokasi Setu Babakan dengan menggunakan bus sekolah.

4. Untuk memudahkan transportasi menuju lokasi tersebut Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyediakan feeder Transjakarta bertarif gratis yang melayani rute Stasiun Pancasila – Jl. Moh. Kahfi II – Setu Babakan – Srengseng Sawah Raya – Jl. Lenteng Agung Raya Barat sebanyak 10 kendaraan dengan waktu pelayanan dimulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

5. Petugas plotingan dan tim derek ditempatkan di setiap simpang rawan macet di sepanjang jalan menuju lokasi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

6. Pada Lebaran Betawi, masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi acara dihimbau menghindari ruas Jl. Moh. Kahfi II dan Srengseng Sawah untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler